2013-10-25_Tutoring Kalkulus II di SAC-BINUS di Ruang 305 di kampus Anggrek BINUS University

Pertemuan 1A : Merancang Program dan Pseudocode


  • Enam operasi komputer dasar : 1. Menerima informasi ,2. Menampilkan informasi ,3. Melakukan perhitiungan aritmatik , 4. Memberikan nilai ke data, 5. Membandingkan dan memilih, 6. Melakukan pengulangan.

1. Menerima input statement yang biasa digunakan adalah Read, Get, atau Baca. Contoh : – Read Bilangan – Get kode_pajak – Baca nama_mahasiswa.

2. Menampilkan informasi yang biasa digunakan adalah Print, Write, Put, Output, Display atupun Cetak.

Contoh:

– Print “Universitas Bina Nusantara” – Cetak “Metode Perancangan Program” – Output Total

3. Melakukan perhitungan Aritmetika

*** Untuk melakukan operasi aritmetika digunakan pseudocode berikut:

+ untuk penjumlahan (add) , – Untuk pengurangan (subtract) , * Untuk perkalian (multiply),  / untuk pembagian (divide),  () untuk kurung

*** Kata kata Compute, Calculate ataupun hitung juga dapat digunakan

*** Contoh:Add number to total Total = Total + number

4. Memberikan nilai ke data

Ada tiga cara untuk memberikan nilai ke dalam data :

–Memberikan nilai awal, kata Initialise atau set digunakan

–Memberikan nilai sebagai hasil suatu proses, maka tanda ‘=‘ digunakan

–Untuk menyimpan suatu nilai maka kata Save, dan store digunakan

Contoh:

Set Counter to 0 Total = Harga * Jumlah

5. Membandingkan dan memilih

Keyword yang digunakan : IF, THEN. Dan ELSE

Contoh :

IF Pilih=‘1’ THEN Discount = 0.1 * harga ELSE Discount = 0.2 * harga ENDIF

6. Melakukan pengulangan

Jika ada beberapa perintah yang harus diulang, maka dapat digunakan keyword DOWHILE dan ENDDO.

Contoh :
DOWHILE bil < 10 cetak bil bil = bil +1 ENDDO

Teorema Terstruktur ada 3 : Sequence, Selection, Repetition.

1. Sequence urutan pengerjaan dari perintah / statement 1 sampai dengan perintah / statement terakhir

dapat digunakan untuk menampilkan empat operasi dasar komputer yang telah dibahas sebelumnya yaitu : menerima informasi, menampilkan informasi, melakukan perhitungan aritmetika dan memberikan nilai

Contoh:

Cetak “Jumlah Mahasiswa” Set Jumlah to 49 Cetak “Tambahan mahasiswa baru” Baca mhs_baru Jumlah = Jumlah + mhs_baru Cetak “Jumlah Mahasiswa” Cetak jumlah

Penjelasan

–Urutan pengerjaan adalah mulai dari urutan pertama sampai dengan urutan terakhir, jika mhs_baru diisi dengan 2, maka jumlah yang tercetak adalah 51

2. Selection

penggambaran sebuah kondisi dan pilihan diantara dua aksi.

Statement Pertama akan dikerjakan jika kondisi bernilai benar, jika tidak maka akan mengerjakan perintah setelah else (jika ada)

Contoh :

IF Hari=1 THEN

Cetak “Senin”

ELSE

Cetak “Bukan hari Senin”

Penjelasan

–Tulisan “Senin” akan ditampilkan jika Hari bernilai 1, jika tidak maka tulisan “Bukan hari Senin” yang akan ditampilkan

3. Repetition

Statement / perintah akan tetap diulang selama kondisi memenuhi (jika menggunakan DOWHILE – ENDDO)

Contoh:

Bintang = 0

DOWHILE bintang < 5

Cetak bintang

bintang = bintang + 1

ENDDO

Penjelasan:

–Pertama kali bintang akan diisi dengan 0, setelah itu isi dari bintang akan dicetak sebanyak lima kali, sehingga tampilannya akan sebagai berikut:

0 1 2 3 4

– Tujuh langkah dasar dalam pengembangan program :
1.Definisi Masalah
2.Outline Solusi
3.Pengembangan outline ke dalam algoritma
4.Melakukan test terhadap algoritma
5.Memindahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman
6.Menjalankan program pada komputer
7.Dokumentasi dan pemeliharaan program
1. Definisi masalah
Pada tahap ini, membaca masalah berulang kali sampai dengan mengerti apa yang dibutuhkan.
Permasalahan dibagi dalam tiga komponen : input, proses, output.  
 
2. Outline Solusi
permasalahan dapat di bagi kedalam tugas tugas atau langkah langkah yang lebih kecil dan menghasilkan outline solusi.
Outline solusi awal dapat terdiri dari:
*Proses utama
*Subtask utama
*Struktur Kontrol
*Variabel dan struktur record
*Logic utama (mainline)
3. Pengembangan outline ke dalam algoritma 
sebuah set langkah yang menggambarkan tugas yang akan dikerjakan dan urutan pengerjaannya.
4. Melakukan test terhadap algoritma 
Tujuan : untuk menemukan kesalahan utama logik sejak awal, sehingga akan lebih mudah diperbaiki.
Data test diperlukan untuk melakukan test terhadap algoritma ini.
5. Memindahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman 
pencodingan dapat dimulai dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dipilih.
6. Menjalankan program pada komputer 
Jika Program sudah didesain dengan baik, maka akan mengurangi tingkat kesalahan dalam melakukan testing program.
Langkah ini perlu dilakukan beberapa kali, sehingga program yang dijalankan dapat berfungsi dengan benar.
7. Dokumentasi dan pemeliharaan program 
Dokumentasi melibatkan eksternal dokumentasi (hierarchy chart, algoritma solusi, dan hasil data test)  dan internal dokumentasi (coding program).
Pemeliharaan program meliputi perubahan yang dialami oleh program (perbaikan ataupun penambahan modul, dll) .
Pemrograman Terstruktur 
-Pengembangan Top Down: Pemrograman akan memulai dari awal permasalahan dan bekerja secara sistematik sampai dengan akhir program.
-Desain Modular: mengkelompokkan beberapa tugas karena kesamaan fungsinya.
-Teorema Struktur: Menulis program dengan menggunakan tiga struktur dasar yaitu sequence, selection dan repetition.
Metodologi desain Program 
Prinsip dasar rancangan program ini didasarkan pada kenyataan bahwa program menerima input data, proses data, dan kemudian
memberikan data kepada pengguna Program sebagai output.
Pendekatan yang paling umum adalah:
Procedure – driven
Event – driven
Data – driven.
Procedure Driven Program Design 
Berdasarkan pada gagasan bahwa fitur yang paling penting dari sebuah program adalah apa yang dilakukannya – proses atau fungsi aliran data masuk dan keluar dari setiap proses atau fungsi yang kemudian dianggap dan strategi yang dikembangkan untuk memecahkan setiap fungsi menjadi lebih kecil dan lebih spesifik.
Rincian tentang struktur yang sebenarnya dari data yang tidak diperhitungkan sampai semua proses tingkat tinggi atau fungsi dari program ini
telah didefinisikan.Event Driven Program Design 
Berdasarkan pada gagasan bahwa suatu peristiwa atau interaksi dengan dunia luar dapat menyebabkan program untuk mengubah dari satu
negara dengan yang lainnya.
Keadaan awal dari sebuah program diidentifikasi, semua pemicu yang mewakili peristiwa berlaku untuk negara yang dibentuk.
Setiap peristiwa ini hasil dalam program perubahan ke keadaan didefinisikan baru, di mana ia tetap sampai acara berikutnya terjadi.Data Driven Program Design 
Berdasarkan gagasan bahwa data dalam sebuah program adalah lebih stabil bahwa proses terkait.
Ini dimulai dengan analisis data dan hubungan antara data, untuk menentukan struktur data dasar.
Setelah struktur data yang telah ditetapkan, output data yang diperlukan diperiksa dalam rangka membangun proses apa yang diperlukan untuk mengkonversi data input ke output yang diperlukan.
Procedural Programming  
Berdasarkan terstruktur, top – down untuk menulis program yang efektif.
Pendekatan berkonsentrasi pada program apa yang harus lakukan dan melibatkan identifikasi dan mengatur proses dalam larutan Program
Masalahnya biasanya dipecah menjadi tugas atau fungsi yang terpisah dan termasuk top – pengembangan ke bawah dan desain modular.

Object Oriented Programming 

Pemrograman berorientasi objek juga didasarkan pada breaking down the problem, tetapi fokus utama dalam pada hal-hal (atau benda) yang membentuk program.

Program ini berkaitan dengan bagaimana objek berperilaku, sehingga istirahat masalah dalam satu set objek terpisah yang melakukan tindakan dan berhubungan satu sama lain. Benda-benda ini memiliki sifat yang pasti dan setiap objek bertanggung jawab untuk melaksanakan serangkaian tugas yang terkait.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s