img_0568.jpg

Perbandingan jenis format image


Soal :

Ada 2 tipe image yaitu raster / bitmap dan vector image. 
Masing-masing memiliki banyak format, seperti halnya raster image terdapat format JPEG, BMP, dll. 
Pada vector image juga memiliki beragam format. Menurut kalian, apa format image terbaik pada tiap jenis image?

Jawaban :

Menurut saya, setiap format image memiliki keunggulan dan kelemahannya. Saya akan menjelaskan beberapa format image terlebih dahulu.

JPG adalah jenis data yang dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Assemble (JPEG) yang dijadikan standar untuk para fotografer profesional. JPG mengompresi data gambar dengan cara mengurangi bagian-bagian dari gambar untuk memblok pixel dalam gambar tersebut.
JPG sudah digunakan dan menjadi standar gambar di internet karena ia bisa dikompresi hingga ukuran kecil. Pada kamera digital banyak menggunakan format ini. Namun berhati-hatilah, karena kualitas gambar anda semakin dikompres maka semakin pecah.
File JPG cocok digunakan untuk :
Gambar yang memiliki banyak warna, misalnya foto wajah dan pemandangan.
Gambar yang memiliki gradien, misalnya perubahan warna yang perlahan-lahan dari merah ke biru.

GIF sama-sama memiliki kompresi seperti format gambar TIFF. GIF merupakan format grafis yang sering digunakan pada desain web. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, tetapi mampu menyimpan grafis dengan latar belakang transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.GIF menggunakan metode Lossless Compression, untuk membuat ukuran file sekecil mungkin. Lossless Compression adalah kompresi yang tidak mengurangi kualitas pada gambar, namun dapat memperkecil besarnya jumlah file, jadi tidak ada penghilangan data pada saat dilakukan kompresi. Meskipun demikian, akan terjadi penurunan jumlah warna menjadi 256, sehingga sering membuat gambar yang kaya warna seperti pemandangan menjadi tidak realistis.
File GIF cocok digunakan untuk :
Gambar dengan jumlah warna sedikit (dibawah 256).
Gambar yang memerlukan perbedaan warna yang tegas seperti logo tanpa gradien.
Gambar animasi sederhana seperti banner-banner iklan, header, dan sebagainya.
Print shoot (hasil dari print screen) dari program-program simple dengan jumlah warna sedikit.
Gambar Grayscale memiliki palet 8-bit juga, jadi sah-sah saja/sebaiknya disimpan dalam format GIF.
File GIF tidak cocok digunakan untuk :
Gambar yang memiliki banyak warna seperti pemandangan.
Gambar yang didalamnya terdapat warna gradien.

PNG adalah format gambar yang sangat baik untuk grafis internet, karena mendukung transparansi di dalam browser dan memiliki keindahan tersendiri yang tidak bisa diberikan GIF atau bahkan JPG. Karena sifat transparannya yang tidak pecah-pecah, PNG yang masuk kelas 24-bit ini cocok untuk membuat screenshoot. PNG juga mendukung kelas 8-bit seperti GIF, sekaligus 24-bit seperti JPG. File PNG menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression). Kelebihan file PNG adalah adanya warna transparan dan alpha. Kekurangan tipe PNG adalah belum populer sehingga sebagian browser tidak mendukungnya. Ada satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format yaitu dukungan terhadap penyimpanan multi format untuk keperluan animasi.
File PNG cocok digunakan untuk :
Gambar yang memiliki warna banyak
Gambar yang mau diedit ulang tanpa menurunkan kualitas.
File PNG tidak cocok digunakan untuk:
Gambar yang jika dikompress dengan JPG hampir-hampir tidak terlihat penurunan kualitasnya (misal : pemandangan)

Bitmap adalahormat gambar yg dibuat oleh Microsoft untuk merepresentasikan gambar dua dimensional yg tergantung dari fix atau tidaknya resolusi gambar tersebut, baik sebuah tipe vector atau raster. Tentu saja ada format lain disebut BMP tetapi jarang sekali digunakan.

Menurut opini dari saya, format image terbaik dalam raster/ bitmap adalah Tagged Image Format File karena TIFF merupakan format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi baik berupa data RGB, data CMYK yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang. Format TIFF biasa digunakan untuk kebutuhan pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi sehingga ukuran berkas untuk format ini biasanya sangat besar, karena dalam file ini gambar tidak dikompresi. Format berkas TIFF juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Macintosh, dan Silicom Graphic). Format ini juga mudah digunakan untuk transfer antar program.

VECTOR FORMAT IMAGE
Menurut saya, format pada gambar vektor yang terbaik adalah SVG karena SVG (Scalable Vector Graphics) merupakan sebuah standar terbuka yang diciptakan dan dikembangkan oleh World Wide Web Consortium untuk mengatasi kebutuhan seperti usaha-usaha dari beberapa perusahaan yang serbaguna, scriptable dan semua format vektor untuk web dan sebaliknya. SVG format tidak memiliki skema kompresi sendiri, namun karena sifat tekstual XML, SVG grafis dapat dikompres dengan menggunakan program seperti gzip. Karena potensi scripting, SVG menjadi komponen utama dalam aplikasi web contohnya halaman web interaktif yang terlihat dan bertindak seperti aplikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s