2013-12-20_Tutoring Kalkulus II di SAC-BINUS di Ruang 304 di kampus Anggrek BINUS University

Ringkasan bab 3 – jaringan sosial


Jelaskan apa itu jaringan sosial

jaringan adalah bangunan dan memelihara hubungan pribadi dan profesional untuk menciptakan sebuah sistem atau rantai informasi , kontak, dan dukungan.

Jaringan sosial adalah jaringan efektif yang terjadi antara dua orang atau lebih yang membangun hubungan dengan menemukan kepentingan bersama melalui komunikasi dua arah, bermakna, dan seimbang.

Cara membangun jaringan sosial 

  1. Pergaulan dengan orang lain : bekerja bersama lebih mudah mengatasi masalah daripada bekerja sendiri.
  2. Jaringan antar personal  : pada dasarnya berlangsung dalam prinsip pertukaran sosial. Kalau jaringan itu menguntungkan akan diteruskan, tetapi kalau salah satu merasa dirugikan, hubungan itu akan terputus.
  3. Jaringan sosial dan teknologi informasi : dapat mempelajari pandangan-pandangan hidup orang lain, dapat memperkenalkan diri kita kepada orang lain. Pada prinsipnya dianggap sebagai modal yang memberikan kita manfaat dengan menggunakannya untuk mengembangkan jaringan-jaringan sosial kita.

Fungsi jaringan sosial 

  • Menciptakan jaringan personal dan mengembangkan keterampilan jaringan dapat menyediakan keuntungan profesional bagi indvidu dalam kelompok.
  • Mencari peluang-peluang karir baru.
  • Dapat menjamin anda untuk mempercepat pencapaian karir dari organisasi yang ada atau berpindah dari organisasi ke organisasi lain.
  • Mengembangkan efektivitas anda bila mencari konsep baru, memulai sebuah proyek baru, mengembangkan sebuah produk baru.
  • Dengan berkonsultasi dengan orang lain, anda menghubungkan pikiran orang lain dengan pengetahuan yang anda miliki.
  • Dapat belajar tentang bisnis yang lebih luas dalam organisasi anda, mengambil tantangan dan kesempatan yang ada.
  • Membantu anda mengenai kesempatan-kesempatan pekerjaan baru.
  • Sebagai sesuatu yang krusial bagai kesuksesan pribadi dan karir.

Tantangan terhadap jaringan sosial 

  • Kurangnya rasa harga diri dan percaya diri dalam kemampuan interpersonal.
  • Kesulitan dalam meminta bantuan orang lain dan ketidaksanggupan membalas seusatu yang berguna secara langsung.
  • Menunggu untuk mecapai cita-cita tanpa bantuan uangkhusus dari orang lain.
  • Terlalu memperhatikan isu sensitif atau informasi kompetitif.

Strategi mengembangkan jaringan yang efektif

– Organisasikan jaringan yang anda sekarang.

– Kembangkan jaringan kerja anda.

– Memlihara hubungan baik dengan orang lain.

– Mengambil tanggung jawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s