IMG_0562

Soal dari forum – Persuasi


Persuasi merupakan usaha untuk mengubah sikap melalui penggunaan pesan, berfokus terutama pada karakteristik komunikator dan pendengar. Tujuan pokoknya adalah menguatkan atau mengubah sikap dan perilaku, sehingga penggunaan fakta, pendapat, dan himbauan motivasional harus bersifat memperkuat tujuan persuasifnya. Persuasi sangat penting dalam kehidupan bersama. Dengan ketrampilan persuasi kita dapat mempengaruhi prilaku, kepercayaan dan pandangan-pandangan orang lain untuk sesuai dengan pandangan, kepercayaan dan perilaku kita. Dalam melakukan persuasi kita menempatkan orang lain sebagai subyek yang sama seperti kita. Oleh karena itu memenangkan perhatian mereka dengan pendekatan-pendekatan yang humanistik sangat penting. Humanisme ini harus nampak dalam pendekatan kita yang tidak saja harus rasional, tetapi juga harus dapat menyentuh emosi-emosi mereka, cinta, harapan-harapan dan juga barangkali ketakutan dan kecemasan-kecemasan mereka.

Agar dapat mengubah sikap, perilaku, dan pendapat sasaran persuasi, seorang persuader harus mempertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut: Kejelasan tujuan, memikirkan secara cermat orang yang dihadapi, memilih strategi komunikasi yang tepat.

Mempersuasi khalayak yang beragam harus memahami dan memperhatikan fakta, psikologis, sosiologis, dan budaya dari khalayk sasaran. Untuk itu, diperlukan pendekatan-pendekatan yang tepat dan pemahaman terhadap aspirasi khalayak yang beragam itu, serta disesuaikan dengan geopoliotiknya. Jika Anda sebagai tim sukses seorang kandidat pemilihan ketua himpunan mahasiswa, bagaimana cara  anda merancang dan mengemas pesan persuasive untuk memenangkan kandidat tersebut?


  1. Jelaskan Strategi persuasi apa yang akan anda pakai dan alasannya anda memakainya?
  2. Silahkan anda tuangkan konsep konsep  dan planning serta model persuasi yang akan anda terapkan untuk membujuk para mahasiswa untuk mau memilih kandidat anda.

1. Menurut saya,  jika saya sebagai tim sukses seorang kandidat pemilihan ketua himpunan mahasiswa, maka cara merancang dan mengemas pesan persuasive untuk memenangkan kandidat tersebut adalah melalui strategi logical reasoning dan emotional appeal karena dalam logical reasoning, saya sebaiknya menunjukkan alasan dan tujuan yang logis kepada mahasiswa supaya mereka dapat berperilaku seperti yang saya inginkan. Dalam hal ini, saya harus mempersiapkan dengan matang sebelum melakukan persuasi terhadap mereka dan mengantisipasi pertanyaan dari mereka. Saya juga menggunakan emotional appeal karena strategi ini dapat mempengaruhi emosi mahasiswa dengan cara memberikan alasan rasional dan masuk akal sehingga mahasiswa memilih kandidat saya.

2.Konsep-konsep  dan planning serta model persuasi yang akan saya terapkan untuk membujuk para mahasiswa untuk mau memilih kandidat saya :

Aktif facilitatif karena planning ini memiliki hal seperti inisiatif, memberikan informasi yang jelas, dan planning ini juga bisa melakukan negosiasi kepada mahasiswa seandainya ada visi dan misi yang tidak dijalankan oleh kandidat jika terpilih serta planning ini bisa mengklarifikasi fakta dan mengoreksi kesalahan yang muncul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s