2014-07-22_105542

Tugas Sistem Multimedia pertemuan 8 s/d 11


TUGAS 06.06.14

SISTEM MULTIMEDIA

PERT. 8 s/d 11


1. Apakah yang dimaksud dengan multimedia authoring?

Authoring tools yang menyediakan lingkungan terintegrasi untuk menyatukan semua elemen secara bersama-sama dalam sebuah produksi Multimedia.

 

2. Sebutkan komponen-komponen dari sebuah authoring tools!

–Loading dan saving aset media (graphics, suara, video, text).

– Creating atau editing audio dan graphic images.

– Pembuatan page atau slide (layering data multimedia untuk membuat sebuah single page).

– Efek animasi untuk transisi.

– Menspesifikasi urutan aplikasi.

– Menambah kontrol interaktif untuk navigasi dan aksi pada saat run-time (dijalankan).

– Pembuatan distribusi berbasis CD-ROM atau web.

 

3. Jelaskan tipe dari authoring system!

–   Slide, Card atau Frame Based

Pada sistem ini :

• Elemen sistem authoring diorganisasikan seperti halaman buku.

• Menghubungkan halaman-halaman dalam suatu urutan yang terorganisasi.

• Memungkinkan untuk melompat dari satu halaman ke halaman lain, sesuai struktur navigasi.

• Halaman dapat berisi hyperlink ke halaman lain sesuai navigasi yang disediakan, atau juga dapat dilihat secara sekuensial.

 

 –  Icon- and Object-Based

•Setiap bagian merepresentasikan suatu icon (symbolic picture).

• Setiap icon melakukan tugas yang spesifik, misalnya : mainkan suatu suara.

• Icon kemudian saling dihubungkan untuk membentuk suatu aplikasi yang lengkap

• Dapat dengan mudah memvisualisasikan struktur dan navigasi dari aplikasi.

 

–  Time-Based

Timelines : merepresentasikan data multimedia selama jalannya presentasi atau aplikasi

– Time (waktu) direpresentasikan sepanjang sumbu x (x-axis).

– Tracks direpresentasikan sepanjang sumbu y (y-axis).

 

4. Jelaskan perbedaan programming language dan authoring system!

Programming Language Authoring System
Membutuhkan kemampuan programming Dirancang untuk non programmers
Sulit digunakan Mudah digunakan
Murah Mahal
Low level program High level program
Program dapat berjalan dengan cepat Program berjalan dengan lambat
Dapat digunakann untuk pengembangan lebih umum Memfasilitasi perancangan multimedia dan instructional

5. Apakah yang anda ketahui tentang:

a. Information KIOSK

Terminal atau tampilan berbasis komputer yang digunakan untuk menyediakan informasi biasanya berada di tempat umum dan digunakan dalam bermacam-macam aplikasi contohnya direktori informasi, customer self-service terminals, katalog electronik, internet access terminals, tourism guides.

 

 b. CAI

Computer Assisted Instruction mengacu pada sistem instruksional pendidikan yang dilakukan hampir seluruhnya menggunakan komputer. Sistem ini biasanya memiliki fungsi-fungsi seperti :

– Mengukur kemampuan siswa dengan sebuah pre-test

– Menampilkan materi edukasional dalam bentuk yang dapat dinavigasikan

– Menyediakan penggalian berulang untuk mengembangkan pengetahuan siswa

– Memungkinkan untuk menyediakan penggalian berbasis game untuk menambah kesenangan belajar

– Mengukur kemajuan siswa dengan sebuah post-test

– Mengarahkan siswa melalui banyak courseware instructional programs

– Mencatat nilai dan kemajuan siswa untuk inspeksi akhir oleh instruktur

 

c.  Games

Aplikasi yang dapat menambahkan angka penilaian, dapat berupa format individu atau tim dan memiliki potensi untuk memberikan lingkungan yang memotivasi

 

d. Virtual Reality

Program informasi, multi-sensory, yang di-generate melalui komputer, yang men-track pengguna secara real time

 

e. Augmented Reality

Teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti virtual reality yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, augmented reality sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

 

6. Pilihlah sebuah multimedia application dan berikan penilaian anda dari sisi information design, navigation design, dan interface design! 

2014-07-22_105542

Information Design

Proximity :

Color

  • Red
  • Green
  • Orange
  • Pink
  • Blue
  • Violet
  • Purple

Alignment : menggunakan left aligned pada kalimat Tom and Jerry , menggunakan right aligned pada kalimat jump-jump.

Repetition : konsistensi.

Contrast : enak dilihat, tidak membuat mata tak nyaman.

 

Navigation design :

–          Menyajikan beberapa tombol / button.

–          Tidak mempunyai site map.

 

Interface design :

Screen Resolution : dapat dimainkan dalam full screen.

Hyperlinks, Icons, and Buttons : mempunyai simbol dan button yang jelas.

Text : Jenis dan ukuran tulisan bisa dibaca, tidak terlalu kecil, dan juga tidak terlalu besar.

Alignment : Menggunakan justify alignment pada petunjuk/tutorial game.

Color : Menggunakan kombinasi warna yang padu dan cocok.

 

7. Apakah yang anda ketahui tentang:

a. HTML

Bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang menampilkan informasi di dalam sebuah web Internet dan ditulis dalam berkas format ASCII.

b. Plug-ins

Semacam fungsi atau fitur tambahan yang digabungkan ke sebuah sistem untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem tersebut .

c.  URL

Rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

d. Web browser

Perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

e. Web pages

Halaman yang ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan teks, gambar, bahkan suara dan digunakan untuk menunjukan sebuah halaman website. Web page dapat diibaratkan sebuah halaman dalam buku.

 

8. Apakah yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain multimedia untuk website?

8 Golden Rules :

1.Strive for Consistency.

2.Cater to Universal Usability.

3.Offer Informative Feedback.

4.Design Dialogs to yield Closure.

5.Prevent Errors.

6.Permit Easy Reversal of Actions.

7.Support Internal Locus of Control.

8.Reduce Short-Term Memory Load.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s