Tugas menjelang UTS


Soal

1. Apa yang dimaksud dengan 2G, 2.5G, 3G, 3,5G,  4G?

2. Berikan minimal 5 komponen handheld hardware yang anda ketahui disertai dengan penjelasan !

3. Sebutkan dan jelaskan minimal 5 jenis grafik tools !

4. Sebutkan dan berikan contoh minimal 5 genre dalam game !

5. Sebutkan dan jelaskan 4 tipe player !

6. Jelaskan fase development untuk mobile games !

Jawab :

1. 2G :

– Membuat debut Eropa di 1991 diikuti dengan diperkenalkan di Amerika Serikat dalam tahun depan.

– SMS test messaging merupakan tampilan pertamanya, yang secara pesat menjadi metode komunikasi yang dipilih bagi generasi muda pengguna ponsel.

– Pada pertengahan hingga akhir 90-an, mobile game dan aplikasi pertama kali muncul di ponsel.

– Munculnya smartphone.

2,5G :

– Pengembangan dari 2 G. 2,5G mengaktifkan layanan kecepatan tinggi transfer data melalui jaringan 2G yang ada ditingkatkan

– Layanan komunikasi suara, sms dan data 153 kbps.

– Teknologi 2,5 G yang terkenal adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhanced Data for GSM Evolution).

3G :

– Pada bulan Oktober 2001, 3G diperkenalkan di Jepang oleh predominant mobile phone operator (NTT DoCoMo) menggunakan W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access) basis teknologi.

-Tahun 2002, Eropa dan Amerika Serikat meluncurkan sistem 3G mereka sendiri pada CDMA2000 menggunakan 1x standar nirkabel digital disebut sebagai EV-DO (Evolution-Data Optimized).

3,5G :

– Perkembangan dari 3G yang dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet dan bertukar data video (video sharing).

– Teknologi dalam 3,5G :

* HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan Evolusi WCDMA dari Ericsson dimana teknologi ini merupakan protokol tambahan pada sistem WCDMA (Wideband CDMA) yang mampu mentransmisikan data berkecepatan tinggi.

* WiBro (Wireless Broadband) merupakan bagian dari kebijakan bidang teknologi informasi Korea Selatan yang dikenal dengan kebijakan 839. WiBro mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga 50 Mbps.

4G :

– Tahun 2009, penempatan sistem 3G  tidak akan mampu memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk akses mobile sehingga tahun 2010, sistem 4G pertama dibawa online oleh Sprint di AS dan oleh TeliaSonera di Skandinavia.

2. 5komponen handheld hardware :

– Screen

LCD yang mampu menampilkan piksel hitam pada latar belakang netral. Backlit.

Smartphone menampilkan hingga 480 x 800 yang mampu memberikan video dan gambar dalam warna penuh 24-bit.

Perangkat tablet seperti iPad dan Galaxy Tab driver memiliki resolusi layar yang lebih besar dan ukuran layar fisik.

-Camera

Kamera menjadi identik dengan ponsel selama beberapa tahun terakhir.

Tren karena melibatkan genggam dan mobile game di mana pemain menggunakan perangkat kamera untuk mencari makhluk atau benda permainan “tak terlihat” di dunia nyata.

-Input Device

Contohnya :

  • Manual keys/buttons.
  • Teknologi touchscreen.
  • D-pads (directional pads) & thumbsticks.
  • Trackball.
  • Gesture recognition seperti Multitouch.

– Prosesor

Variation kecepatan, tenaga, and desain setiap processor mobile phone .

Contoh prosesor pada smartphone : Nvidia Tegra, Qualcom Snapdragon, OMAP, Exynos.

– Memory

Terdapat pada kamera dan perangkat digital lainnya.

Tempat menyimpan data.

Sering manufacturer-independent.

Sizenya ada yang 2GB, 4GB,8GB. Pemakaian size sesuai dengan kebutuhan user.

3. 5 jenis grafik tools :

– Photoshop

Graphics toolkit.

Dirancang untuk manipulasi fotografik, berkembang menjadi entire creative suite of applications yang dirancang untuk penciptaan aset.

Sangat bagus untuk pixel-painting-working dengan gambar dalam bentuk bitmap untuk mencapai pinggiran gambar yang bersih dalam hal edit gambar.

– Flash

Tidak bisa digunakan di iPhone.

Grafik berbasis vektor dengan kemampuan keyframe.

Flash tidak menangani ekspor dan kompresi gambar dengan sangat baik.

– Maya dan 3ds Max

Memungkinkan pengembang untuk membangun dan menggerakkan lingkungan 3D, dan pre-render (render sebagai film).
Maya dan 3ds Max adalah alat standar industri untuk konsol dan PC game.

– Illustrator

Bersandar lebih ke arah grafis dan kartun.

Predominantly print-based program, kebutuhan skala gambar iklan, teks, dan elemen lainnya untuk mengakomodasi perbedaaan ukuran dari basis grafis tunggal menjadikannya alat bantu dalam industri periklanan.

– De Babelizer

Salah satu yang paling kuat alat seni profesional yang tersedia untuk memanipulasi dan mengompresi gambar tunggal.

Manipulasi sederhana dan operasi kompresi tigher dari Photoshop.

Tidak cocok untuk menciptakan sebuah gambar dari awal.

4. Lima genre dalam game :

– Strategi

Berorientasi pada logika dan sumber daya perencanaan.

Asal usul permainan strategi berakar pada permainan papan.

Diversifikasi menjadi dua bentuk utama :

– Classical turn-based strategy games.

– Real-time strategy games.

– Role-playing

Dapat diklasifikasikan sebagai petualangan, tetapi lebih fokus pada pengembangan karakter, statistik, percakapan, pertempuran strategis, memecahkan teka-teki, pencarian epik, alur cerita nonlinier, lebih fantasi dengan karakter non-pemain (NPC).

Konfigurasi pemain-karakter yang meningkatkan dengan pengalaman.

Role-playing game terdiri genre menarik beragam, mulai dari arcade-style game sederhana.

Alur cerita yang kuat.

– Sport

Permainan olahraga menetapkan tantangan yang tidak biasa bagi para desainer game.

Permainan olahraga meniru dunia dimana pemain tahu banyak informasi.

Permainan olahraga memiliki sejumlah genre yang kecil dan memungkinkan perbandingan langsung dengan dunia nyata.

– Adventure

Sebuah game petualangan bukan kompetisi atau simulasi.

Sebuah game petualangan tidak menawarkan proses yang harus dikelola atau lawan yang harus dikalahkan dengan strategi dan taktik.

Sebuah game petualangan adalah cerita interaktif tentang karakter yang dikendalikan oleh pemain.

Semua game petualangan adalah keturunan konseptual petualangan asli.

Pasar untuk game petualangan telah berkembang lebih lambat dari pasar untuk genre lain.

Semua game komputer yang dibuat untuk mewujudkan impian. Game petualangan mewujudkan impian aneh dari semua.

– Action

Berorientasi pada kecepatan dan refleks.

Called “twitch” games.

Kemampuan yang diuji oleh gameplay adalah waktu reaksi dan kooridnasi tangan, mata dibawah tekanan.

Game action adalah genre tertua.

5. Empat tipe player :

– Killers : Player yang suka bertemu dengan orang lain dalam game dan suka melakukan aksi.

– Socializers : Player yang suka bertemu dengan orang lain tapi suka berinteraksi dengan player lain via chat.

– Achievers : Player yang suka beraksi dalam dunia game untuk mencapai suatu tujuan.

– Explorers : Player yang suka berinteraksi dengan player lain tetapi sering menjelajah dunia game.

6. fase development untuk mobile games :

– Pre-Produksi
Pre-produksi adalah fase di mana permainan apa yang akan diproduksi dan bagaimana keduanya memutuskan.

– Produksi
Ini adalah komponen kunci untuk memecahkan masalah desain yang tak terlihat.

– Alpha & Beta
Alpha: permainan dimainkan dari awal sampai akhir, dengan semua aset seni di tempat.
Tujuan akhir untuk mobile adalah layak.

– Gold
Sebuah produk lengkap, selesai, mengkilap yang diperlukan untuk pengiriman.

– Pasca Produksi
Tim desain dapat melihat di mana pemain memiliki masalah dengan produk, di mana mereka mungkin terjebak, atau berapa lama mereka bermain sebelum mereka menempatkan permainan di level bawah.

2 thoughts on “Tugas menjelang UTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s