Tugas CB GSLC Pertemuan 9


Andaikan Anda adalah seorang karyawan di suatu perusahaan. maka apa saja kewajiban-kewajiban yang perlu Anda lakukan sebagai seorang karyawan? Apa akibatnya bagi diri Anda dan perusahaan kalau Anda tidak melakukan pekerjaanmu dengan baik? Jelaskan dan berikan contoh!


Jawab :

Kewajiban-kewajiban yang perlu saya lakukan sebagai seorang karyawan :

1. Kewajiban Ketaatan
Menurut Bertens, Setiap karyawan memiliki kewajiban etis untuk taat kepada atasannya kalau perintah itu wajar dan masuk akal. Dalam konteks ini terdapat hubungan fungsional antara karyawan dengan para pimpinan perusahaan.
Contohnya : Karyawan yang membuat job description yang cukup lengkap pada saat karyawan mulai bekerja di perusahaan.

2. Kewajiban Konfidensialitas
Karyawan wajib menyimpan informasi perusahaan yang bersifat konfidensial, yang telah  diperoleh dengan menjalankan suatu profesi atau pekerjaan.
Contohnya : akuntan yang tahu persis bagaimana keadaan finansial perusahaan tempat dia bekerja. Karyawan tidak etis bila dia pindah kerja sambil membawa rahasia perusahaan ke perusahaan baru. Dasar etis dari kewajiban ini adalah intelellectual property rights dari perusahaan.

3. Kewajiban Loyalitas
Karyawan harus mendukung tujuan-tujuan perusahaan dan menghindari apa saja yang bisa merugikan kepentingan perusahaan. Karyawan tidak boleh menjalankan kegiatan pribadi yang bersaing dengan kepentingan perusahaan. Menurut Velasques, konflik kepentingan dalam bisnis terjadi bila karyawan terlibat dalam tugas perusahaan dan pada saat yang sama karyawan memiliki kepentingan atas hasil dari tugas tersebut.
Contohnya : Karyawan tidak boleh menggunakan sumber daya atau barang yang tidak sesuai dengan tujuan perusahaan. Karyawan yang menggunakan komputer perusahaan untuk kepentingan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan perusahaan disebut employee theft.

4. Perihal melaporkan kesalahan perusahaan
Syarat-syarat agar pelaporan kesalahan perusahaan kepada pihak luar dapat dibenarkan secara moral :
– Kesalahan perusahaan harus besar jika menyebabkan kerugian yang tidak perlu untuk pihak ketiga, bila terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia, bila melakukan kegiatan yang bertentangan dengan tujuan perusahaan.
-Pelaporan harus didukung oleh fakta yang jelas dan benar.
-Pelaporan dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya kerugian pada pihak ketiga,HAM,dan tujuan perusahaan,dan bukan karena motif lain.
-Pemecahan masalah harus ditempuh terlebih dahulu,sebelum hal itu dibawa keluar.
-Harus ada kemungkinan riil bahwa pelaporan kesalahan akan mencatat sukses/ mendapat tanggapan positif,ditindak-lanjuti serta diambil tindakan yang tepat.

Akibat bagi diri saya dan perusahaan kalau saya tidak melakukan pekerjaanmu dengan baik
Bagi saya :
-Komplain dari atasan.
-Timbul ketidakpercayaan orang lain terhadap diri saya.
-Tidak mendapat promosi untuk kenaikan jabatan.
– Pemotongan gaji.
-Bahkan yang paling parah yaitu pemutusan hubungan kerja.
Bagi perusahaan :
-Nilai saham menurun.
– Muncul ketidakpercayaan masyarakat terhadap perusahaan.
-Perusahaan mengalami kemunduran.
-Bahkan yang paling parah yaitu perusahaan bangkrut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s