Tugas Pertemuan 2 – Genre Game dan Gameplay


  1. RPG

Contoh game : Persona

Dalam game ini, pemain hanya bisa mengontrol protagonis. permainan ini dibagi menjadi dua, pemain bisa melakukan kegiatan sehari-hari di dunia nyata dan pemain juga melakukan eksplorasi di dunia misterius.Di dunia nyata, protagonis bisa menghabiskan hari sesuka mungkin seperti belajar di sekolah, mengikuti klub sekolah, melakukan pekerjaan part-time,meningkatkan hubungan sosial, meningkatkan skill memahami, kerajinan, keberanian, pengetahuan, ekspresi. Pemain juga bisa membeli kebutuhan makanan, minuman di toko. Game ini juga memiliki tugas memecahkan kasus tentang dunia misterius. Dalam dunia misterius, pemain melakukan eksplor tempat serta melawan berbagai macam monster. Pemain juga bisa melakukan party dalam melawan monster bahkan bisa solo player. Pemain mempunyai senjata serta skill berupa persona dan hanya protagonis yang bisa menggabungkan beberapa persona, sedangkan teman-teman protagonis hanya dapat meningkatkan kemampuan skill. Cara bertarung dalam game ini dengan menggunakan sistem time based. Alur ending dalam cerita persona selalu dibagi menjadi tiga yaitu ending sad, ending normal, dan ending true. Semua alur ini bergantung pada pemikiran protagonis yang memecahkan misteri. Persona yang terkenal di playstation2 hanya ada 2 yaitu persona 3 dan persona 4.

  1. Strategy

Contoh game : Romance of the Three Kingdoms XI

Game ini dimainkan di platform Playstation2 dan berceritakan tentang sejarah zaman tiga negara. Dalam game ini, pemain harus mengatur kondisi tiap kota, menyewa jendral-jendral, menggunakan mereka untuk mengembangkan kota,merekrut tentara, melawan pasukan musuh. Permainan ini terdiri dari berbagai macam cerita tergantung pilihan pemain. Game ini menggunakan sistem time based untuk mengatur strategi dan telah disediakan peta untuk menguraikan semua ibu kota penting, pelabuhan, benteng, pergerakan pasukan, geografi, dan kubu-kubu musuh.

 

 

 

  1. Simulation

Contoh game : The Sims2 Castaway

tentang beberapa karakter yang lagi berliburan di kapal pesiar dan tiba2 saat bersenang-senang terjadi kecelakaan dan mereka semua terpisah. Kemudian karakter terdampar di suatu pulau dan berusaha bertahan hidup serta mencari beberapa temannya yang hilang. Game ini termasuk kategori simulasi karena mengajarkan kita bagaimana caranya kita bertahan hidup di suatu pulau yang hanya berisi berbagai macam pepohonan. Selain itu, karakter juga belajar membuat api unggun, membuat baju dari dedaunan, dan masih banyak hal yang disimulasikan dalam game ini.

 

  1. Adventure

Contoh game : Detective Conan : Legacy of The British Empire

Game ini hanya terdapat di playstation2. Dalam game ini, pemain berusaha memecahkan sebuah kasus pembunuhan. Pemain mencari barang yang aneh untuk dijadikan barang bukti, dan pemain bisa berbicara dengan karakter yang lain. Pemain harus menghubungkan berbagai macam barang bukti untuk membuat sebuah hipotesis. Selain itu pemain bisa menggunakan skateboard dan speedboat untuk mengunjungi tempat lain.

 

  1. Puzzle

Contoh game : Panda Pop

Panda pop merupakan game puzzle bubble dan bisa dimainkan secara online melalui Facebook. Dalam game ini terdapat banyak level dan cara memainkannya adalah dengan menembakkan suatu bubble ke bubble yang warnanya sama. Jika bubble dengan warna yang sama minimal 3, maka bubble tersebut akan pecah. Dalam game ini juga disertai elemen-elemen untuk menghancurkan bubble seperti elemen api, air, kayu, dan logam.Selain itu, terdapat beberapa hambatan untuk memecahkan bubble. Game ini akan berakhir jika bubble yag telah disediakan sudah habis atau semua bubble telah dipecahkan.

 

  1. Sports

Contoh game : Winning Eleven 9

Game ini adalah game olahraga sepakbola dalam kehidupan sehari-hari. Dalam game ini terdapat banyak kategori seperti tim, negara, dan kita juga bisa mengikuti turnamen, membuat formasi tim, serta melakukan kontrak pada pemain di tim lain. Game ini bisa dimainkan maksimum 2 player.

Advertisements

One thought on “Tugas Pertemuan 2 – Genre Game dan Gameplay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s