Menggali Ingala

Menggali ingala Episode 03


Ada sebuah peribahasa : lempar batu sembunyi tangan. Nah, kalau gue beda nih. Lempar bola kertas kena hukuman. Huahahaha😀 Lagi teringat masa SD. Waktu itu gue masih kelas 3 SD dan sering sekali kena hukuman. Sebenarnya gue itu tidak nakal, cuma karena lagi bosan aja selalu ada keisengan yang muncul. Permainan yang aneh-aneh pun selalu muncul di kelas gue ketika guru absen karena ada urusan. Yang paling seru adalah permainan yang satu ini. Lempar bola kertas ke arah teman dan selalu saja ribut tiap pelajaran kosong. Nah, klimaksnya pasti adalah guru lain yang datang dan kena deh. Satu kelas menjadi hening lagi dan yang bermain kena hukuman hahaha.

“Terus lu bangga gitu, Tropikana?” Wah pertanyaan ini seperti menyindir. Mengapa gue harus bangga dengan hal itu? Sebenarnya sih hal itu hanya bersifat sementara. Toh yang berikutnya tidak dilanjutkan lagi keisengan itu haha. Menurut gue, hal itu wajar karena pada masa itu gue masih anak-anak. Anak-anak itu harus mengetahui apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Jika seorang anak melakukan hal yang tidak pantas, ya pasti dapat sanksi atau hukuman. Oleh karena itu, pelajaran Budi Pekerti selalu hadir di kelas gue untuk membina anak-anak dalam etika dan kehidupan sekitar individu. Tanpa pelajaran Budi Pekerti, gue yakin anak-anak tidak akan memahami tentang etika, hal yang boleh maupun tidak boleh dilakukan. Gue pun yakin bahwa anak-anak akan bersikap kurang ajar di masa depan atau sekarang jika tidak belajar tentang etika dan moral. So, kenangan apa yang kalian punya selama masa belajar di SD?

Leave a Reply

