Stiker leonard LINE

Kegiatan Live In Kelas X

Pada tanggal 3 Juni 2010, tepatnya pada hari Kamis, kami murid-murid kelas satu SMA Tarsisius II berkumpul di sekolah jam 1 siang untuk mengikuti kegiatan live in yang merupakan program dari sekolah dan diadakan selama 3 hari. Dalam kegiatan live in, kami dibagi kelompok. Dalam 1 kelompok ada 2 orang dan ada yang 3 orang. Sekitar jam setengah tiga siang, kami diberi pengarahan oleh Bapak Saverinus Kaka, kepala sekolah SMA Tarsisius II tentang kegiatan live in kemudian guru-guru membagikan buku panduan live in, baju kaos live in serta makanan  kepada para murid SMA Tarsisius II lalu kami disuruh mengisi identitas pribadi pada buku panduan live in dan menuliskan nama pada bagian depan buku supaya buku tersebut tidak hilang. Pukul 15.00 kami mulai mengangkat barang bawaan yaitu koper, tas untuk diletakkan di bagasi kemudian masuk ke dalam bus pariwisata. Bus pariwisata mulai berangkat dari sekolah menuju Yogyakarta jam setengah empat sore. Dalam perjalanan ke Yogyakarta, kami mengalami banyak perhentian bus di pertamina. Sekitar jam delapan malam, kami makan malam di rumah makan yang memiliki makanan khas Solo. Setelah selesai makan malam, kami melanjutkan perjalanan lagi. Selama dalam perjalanan, kami selalu meribut. Ada yang bermain gitar, bernyanyi dengan suara yang keras, ada yang melakukan komedi, tertawa, mendengar musik, dan lain-lain. Pada malam harinya sekitar jam 11 saya tidur kemudian terbangun lagi karena tidak bisa tidur sebab teman-teman bernyanyi.

Keesokan pagi, pada tanggal 4 Juni 2010, tepatnya pada hari Jumat, kami telah tiba di daerah Yogyakarta. Jam setengah delapan pagi kami sarapan di sebelah gereja Kelor. Sesudah selesai sarapan, kami melanjutkan perjalanan ke kapel. Kami tiba di kapel sekitar jam delapan pagi kemudian kami mengeluarkan barang-barang di bagasi dan meletakkan dekat pintu masuk kapel. Guru-guru menyuruh kami masuk ke dalam kapel. Di dalam kapel terdapat acara seperti memberi salam kepada warga, berdoa, pembagian keluarga yang akan ditempati. Stelah selesai pembagian, kami pergi ke rumah induk semang yang akan ditempati. Saya dan Han Sen diantar Pak Yitno ke rumah Pak Yitno. Kami sampai di rumah Pak Yitno pukul 9.30 kemudian berkenalan dengan anggota keluarga dan bercakap-cakap. Pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.30 kami istirahat. Kami mulai makan siang  sekitar pukul 11.45. Setelah makan siang, saya dan Han Sen pergi ke rumah warga bersama Pak Yitno untuk berkenalan satu sama lain. Pukul 14.30 kami pergi ke sawah untuk mengambil singkong, perjalanan dari rumah induk semang menuju sawah tidak terlalu jauh. Dalam perjalanan menuju ke sawah, kami berbincang-bincang dengan pemilik sawah tentang pertanian. Di sawah, kami mempelajari tentang bagaimana membedakan padi dan rumput karena 2 benda sangat mirip. Selain itu, kami mempelajari tentang tanaman singkong. Pukul 15.00 kami pergi ke rumah Pak Kamdi. Pak Kamdi memperkenalkan teh rosella kepada kami. Ternyata, teh tersebut asam jika tidak diberi gula. Teh tersebut memiliki kegunaan yaitu menurunkan darah tinggi. Pukul 17.00 kami pulang ke rumah untuk istirahat dan menikmati cemilan yang dihidangkan oleh ibu. Kami mulai makan malam jam setengah tujuh  malam. Makanan yang dihidangkan ibu sangatlah sederhana, tetapi rasanya lezat.

Keesokan harinya yaitu hari Sabtu,tanggal 5 Juni 2010, kami sarapan sekitar pukul 7.15 kemudian pukul 7.30 kami pergi melihat-lihat kebun Pak Yitno. Di kebun terdapat bermacam- macam tanaman dan pohon yaitu pohon pisang, singkong, dan lain-lain. kami bercakap-cakap tentang tumbuhan yang terdapat disana. Jam sembilan pagi, kami pulang ke rumah untuk istirahat. Saya dan Han Sen minta izin kepada Pak Yitno dan ibu untuk pergi jalan-jalan. Kami diizinkan tetapi tidak boleh pergi jauh-jauh. Pukul 11.30 Bu Yuti dan Pak Felix datang ke tempat kami untuk menandatangani buku panduan live in. Setelah itu kami makan siang. Pukul 12.45 kami bersama bapak dan ibu mengunjungi rumah warga kemudian kami pergi ke kebun singkong dan membersihkan rumput liar sekitar pukul 15.00. Di kebun, kami mempelajari cara mebersihkan rumput liar dengan menggunakan cangkul. Pukul 16.15 kami pulang ke rumah. Dalam perjalanan pulang, kami melihat warga sedang menggiling padi. Karena ingin tahu, kami ke tempat mereka. Disana, kami diajarkan cara menggiling padi. Setelah mengetahui cara menggiling padi, kami melanjutkan perjalanan pulang ke rumah. Kami makan malam sekitar pukul 18.00 kemudian pukul 19.00 kami pergi ke rumah warga yang letaknya cukup jauh dari rumah kami umtuk doa bersama. Disana, kami bertemu dengan teman-teman, guru-guru, dan induk semang lainnya. Pukul 19.30 kami berdoa bersama dengan menggunakan bahasa Jawa. Saya kurang mengerti bahasa Jawa sehingga saya mengikuti dengan kaku dalam perayaan tersebut. Setelah itu, diadakan acara makan bersama. Pukul 20.30 acara selesai dan kami pulang ke rumah masing-masing dan segera tidur.

Tanggal 6 Juni 2010 yaitu hari Minggu, hari ini adalah hari terakhir kegiatan live in. kami pergi ke Gereja St. Petrus dan Paulus, Kelor, Karangmojo, DIY untuk merayakan perayaan ekaristi. Kami pergi ke gereja dengan naik menggunakan mobil. Suasana di dalam gereja sangat hikmat walaupun gereja tersebut dalam pembangunan. Selesai perayaan, kami pulang ke rumah dan beristirahat. Pada siang hari, kami pergi ke rumah Pak Kamdi kemudian kami pergi ke sawah untuk mengambil singkong lagi. Setelah itu, kami pulang ke rumah. Di rumah, kami merasa bosan. Oleh karena itu, kami minta izin kepada Pak Yitno untuk pergi ke rumah teman. Dalam perjalanan, kami bertemu Ibu Yuti dan Miss Herning. Kami disuruh pulang lagi oleh bu guru. Setelah sampai di rumah, kami akhirnya membersihkan halaman dengan menggunakan sapu lidi. Setelah itu, kami makan malam dan beristirahat.

Hari Senin, tepatnya pada tanggal 7 Juni 2010 adalah hari di mana kami murid-murid SMA Tarsisius II akan kembali ke Jakarta. Kami bangun jam setengah lima pagi dan bersiap-siap menuju kapel.  Sebelum menuju kapel, kami berpamitan kepada ibu. Kami tiba di kapel jam setengah enam pagi. Jam enam pagi kami berada di kapel untuk berdoa dan mengucapkan selamat tinggal kepada induk semang serta memberikan kenangan kepada seorang bapak. Jam setengah tujuh kami melanjutkan perjalanan menuju ke Universitas Gajah Mada (UGM). Kami tiba tepat waktu. Disana, kami diberikan informasi tentang UGM. UGM adalah sebuah universitas terkenal dan terkemuka di Indonesia. Universitas Gajah Mada sangat luas. Cara mendaftar di UGM hanya dengan online. Program studi di UGM sebanyak enam puluh sembilan. Biaya perkuliahan tidak murah dan juga tidak mahal bagi saya. Informasi tentang UGM terdapat di http://www.ugm.ac.id/ . sekitar jam 12 siang kami makan siang di Rumah Makan Taman Firdaus kemudian kami pergi ke Malioboro untuk berbelanja kemudian pukul 15.00 kami berkumpul dekat bus pariwisata. Pukul 15.30 kami berangkat menuju Jakarta. Pada malam harinya, kami makan ikan bakar di Sari Bahari. Rasa ikan bakarnya lumayan tetapi sedikit asin. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan dan keesokan paginya pada tanggal 8 Juni 2010 tepatnya hari Selasa kami tiba di Jakarta dan sampai di SMA Tarsisius II jam enam pagi. Akhirnya, kami semua pulang ke rumah masing-masing.